batu ukir alam loster

Tips merawat Batu Alam Ukir yang baik

Tips Perawatan Batu Alam Ukir yang Tepat – Seni memiliki berbagai macam cabang yang masing-masing memiliki teknik tersendiri dalam pembuatannya. Salah satunya ialah seni ukir. Setiap orang pasti sudah mengetahui bagaiman bentuk dari hasil seni ukir tersebut. Seni ini menggunakan teknik khusus dengan menggunakan alat berupa palu dan alat ukir yang ditekankan pada sebuah permukaan hingga terkikis dan menjadi bentuk khusus.

batu ukir alam relief

Ukiran biasanya memiliki motif yang lebih detail. Motif tersebut bisa berupa batik, tanaman, atau berupa gambaran sebuah kehidupan. Media yang paling antik untuk dibuat ukiran ialah batu alam. Jenis ukiran pada batu alam ini bisa digunakan untuk hiasan dinding, pagar atau benda lainnya. Dengan nilai seni yang tinggi ukiran pada batu alam ini akan sangat cantik saat dipasang pada bagian manapun.

Namun, batu alam ukir ini juga perlu perawatan agar keadaannya tetap bersih, terawat dan awet. Beberapa tips perawatan dibawah ini dapat Anda lakukan untuk merawat ukiran batu alam yang Anda miliki.

Membersihkannya Dengan Rutin

Terkadang beberapa ukiran dari batu alam tersebut sering terlewat saat melakukan pembersihan area rumah atau sejenisnya. Hal ini bisa jadi karena memang tidak disadari atau pun sengaja dilewatkan karena bentuk ukiran tersebut yang penuh dengan bentuk ukiran kecil sehingga dirasa sulit untuk dibersihkan.

Padahal seharusnya batu alam ukir tersebut juga harus dibersihkan secara rutin seperti bagian rumah lainnya. Karena bentuknya yang penuh ukiran maka debu bisa saja lebih banyak bersarang. Hal ini akan mengganggu penampilan dari ukiran dari batu alam tersebut. Lama-lama ukiran tersebut akan mudah rusak dan terlihat usang.

Bersihkan Menggunakan Kuas Lembut dan Semprotan Air

Cara membersihkannya ialah dengan agak lembut dan perlahan. Beberapa jenis batu alam memiliki tekstur yang agak mudah rapuh. Sehingga saat menyentuhnya harus berhati-hati. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan kuas yang memiliki permukaan yang lembut. Bersihkan debu tersebut secara perlahan dan mendetail agar semua tersentuh.

Kemudian, Anda bisa menyemprotkan air ke permukaan ukiran. Jangan terlalu kuat saat menyemprot batu alam ukir. Usahakan hanya sampai kotorannya menghilang. Bila perlu gunakan kuas lain yang masih bersih atau lap kering untuk mengeringkan kembali permukaan ukiran tersebut. Pastikan debu dan kotoran terangkat dengan maksimal.

Gunakan Sikat Jika Berlumut

Jika permukaan ukiran tersebut sudah berlumut maka Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat. Caranya basahi permukaannya dengan air kemudian sikat hingga lumut memudar dan bersih. Agar tidak semakin sulit dibersihkan Anda harus membersihkannya saat lumut masih sedikit. Sebab, lama kelamaan lumut akan menyerap pada ukiran tersebut sehingga akan sulit dibersihkan.

Jika sudah selesai disikat, maka bersihkan kembali menggunakan air. Jika tidak mempan hanya menggunakan air saja, Anda bisa menggunakan cairan HCL. Caranya tambahkan cairan tersebut pada permukaan batu alam ukir tersebut dan diamkan selama 2 menit. Setelah itu, sikat permukaan tersebut hingga bersih lalu bilas dengan air.

batu ukir alam relief

Gunakan Coating Untuk Memperindah Warna

Biasanya lama kelamaan ukiran tersebut akan memudar dan usang. Agar warnanya kembali seperti baru, Anda bisa menggunakan cairan pelapis atau pernis khusus batu alam yang biasa disebut dengan coating. Gunakan warna yang terkesan alami atau seperti warna pada saat pertama dibeli. Dengan begitu, permukaan ukiran tetap terlihat bersih dan seperti baru.

Itulah beberapa tips perawatan batu alam ukiryang ada disekitar Anda. Tips tersebut bisa Anda lakukan untuk menjaga ukiran tersebut agar bisa tahan lama. Apalagi jika Anda termasuk orang yang menyukai seni ukir atau hal yang berhubungan dengan ukiran. Hal ini sangat perlu Anda lakukan agar ukiran tersebut tetap terlihat cantik.

Hubungi segera Hasbuna Stone untuk mendapatkan jasa konsultasi gratis dan update harga produk terbaru untuk kebutuhan batu ukir alam di tempat anda.

+6281325535273

Keblak RT04/RW09. Ngeposari, Semanu,
Gunungkidul, D.I.Yogyakarta 55893

You cannot copy content of this page