batu ukir alam patung

Inilah Bentuk Batu Ukir Alam yang Paling Banyak Digunakan

Inilah Bentuk Batu Ukir Alam yang Paling Banyak Digunakan – Seni ukir atau pahat di Indonesia sudah menjadi budaya dan melekat erat dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembuatannya yang cukup rumit tidak saja membuatnya menjadi bernilai namun juga syarat akan makna. Belum lagi, bila bahan baku yang digunakan adalah bebatuan alam yang juga bernilai tinggi.

Ya, penggunaan batu alam memang menjadi salah satu bahan baku istimewa. Tidak saja membuat rumah atau bangunan yang menggunakannya menjadi lebih indah, namun juga terlihat mewah dan berkelas.

Sementara untuk Anda yang tengah mencari batu ukir alam, bisa menentukan terlebih dahulu bahan baku apa yang akan dipilih serta menentukan lokasi mana yang akan digunakan. Hal ini berkaitan erat dengan kekuatan serta daya tahan batuan itu sendiri. Seperti misalnya, ketika Anda memilih batuan untuk pagar, maka sebaiknya memilih jenis batu andesit, batu candi atau batu paliaman yang tahan akan cuaca ekstrem.

Kemudian untuk hiasan dinding atau hiasan pintu, Anda bisa menggunakan batu paras yang telah diukir hingga membuat rumah terlihat berbeda. Dan dari sekian banyak jenis batu yang diukir, Anda bisa memilih beberapa bentuk batu ukir alam di bawah ini;

batu ukir alam patung

Patung

Batu ukir alam yang diukir menjadi patung merupakan salah satu kerajinan tangan yang banyak dicari. Untuk teknik pembuatan patung sendiri biasanya terdiri dari dua macam, yaitu menggunakan mesin pahat atau dibuat secara manual menggunakan tangan manusia. Teknik yang kedua biasanya banyak dicari meskipun harganya cenderung lebih mahal.

Ada banyak jenis patung yang bisa dipilih, mulai dari hewan, manusia, tumbuhan atau jenis patung yang non figuratif  atau abstrak yang juga kaya akan seni.

batu ukir alam relief

Hiasan Dinding

Bentuk ukiran dari batu alam selanjutnya yang juga banyak digunakan adalah hiasan dinding. Untuk jenis ini, paling banyak memang digunakan dari bahan  batu paras yang memiliki warna natural. Sehingga mudah bila diletakkan dibagian ruangan manapun. Untuk hiasan dinding, Andapun bisa memilih desain serta ukuran hiasannya itu sendiri. Sesuaikan dengan luas ruangan serta gaya ruangan tersebut.

Selain itu hiasan dinding juga banyak juga digunakan sebagai gapura atau pintu masuk ke dalam rumah. Tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai penghias pagar yang bisa diletakkan dibagian dalam atau luar rumah. Untuk harga hiasan dinding yang satu ini memang cukup beragam, biasanya ditentukan oleh motif atau corak serta tingkay kerumitannya, kualitas dari batu yang digunakan, hingga wilayah atau area pemasangan dari hiasan tersebut.

batu ukir alam lampion

Perabot

Dan ini dia bentuk dari batu ukir alam yang juga banyak dicari, yaitu berbagai macam perabot rumah tangga. Di mulai dari berbagai dekorasi untuk hiasan taman seperti pot, wadah untuk meletakkan lampu atau lampion, kolam ikan, ldan lain sebagainya.

Sementara untuk beberapa bahan batuan juga digunakan untuk beberapa perabot lainnya yang digunakan di dalam rumah. Seperti penyangga meja atau kursi, ventilasi rumah, hingga peralatan dapur seperti talenan atau ulekan batu. Begitu juga dengan kamar mandi, Anda bisa memilih wastafel, bak mandi atau bathtub yang terbuat dari batu ukir alam.

Itulah beberapa bentuk batu ukir alam yang banyak digunakan dan dicari banyak orang. Masih banyak bentuk lainnya yang bisa Anda pilih bahkan bisa Anda minta pada pengrajin  sesuai dengan keinginan Anda atau custom. Begitu juga dengan pilihan bahan baku, bisa Anda pilih sesuai dengan dana yang ingin Anda keluarkan.

Hubungi segera Hasbuna Stone untuk mendapatkan jasa konsultasi gratis dan update harga produk terbaru untuk kebutuhan batu ukir alam di tempat anda.

+6281325535273

Keblak RT04/RW09. Ngeposari, Semanu,
Gunungkidul, D.I.Yogyakarta 55893

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page