batu ukir alam patung

Jenis-jenis Batu Ukir Alam dengan Kualitas yang Tinggi

Jenis-jenis Batu Ukir Alam dengan Kualitas yang Tinggi – Batu Alam merupakan aset paling berlimpah ditanah Nusantara. Batu juga menyimpan nilai dan keunikannya tersendiri dalam perjalanan sejarah manusia. Bahkan jika berpikir lebih jauh akan ciptaan tuhan yang satu ini, batu dapat dikatakan sebagai teknologi pertama yang dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah juga mengatakan bahwa batu dari alam sudah digunakan manusia purba sebagai alat untuk bertahan hidup. Manusia purba memanfaatkan batu sebagai alat untuk berburuh seperti pisau, kapak, golok atau alat berburuh lainnya.

Rentang waktu terus berjalan hingga masa suburnya kerajaan di nusantara, pada masa kerajaan-kerajaan dinusantara batu juga eksis bahkan menjadi komuditas yang cukup penting. pasalnya, orang-orang pada masa itu kerap kali memanfaatkan batu sebagai bahan baku untuk membangun istana, gapura, tempat-tempat ibadah ataupun rumah sebagai tempat tinggal.

Alasan utama orang-orang memanfaatkan batu sebagai bahan baku bangunan adalah awet dan tahan lama. Namun, untuk menjadikannya bahan bangunan tentunya memerlukan teknik khusus dan kreasi ataupun inovasi yang tingggi.

batu ukir alam patung

Pada masa kerajaan-kerajaan dinusantara itulah Batu Ukir Alam dapat dikatakan sebagai masa ke emasannya. Tidak hanya sebagai bahan dasar bangunan, batu yang berasal dari alam itu juga kerap kali diciptakan menjadi karya seni seperti hiasan dinding, lampion atau jenis ukiran lainnya. Ukiran-ukiran tersebut meskipun sudah berusia cukup tua dapat dilihat bpada masa kini, seperti candi, Archa ataupun relief pada bangunan masjid atau tempat ibadah peninggalan masa kerajaan zaman dahulu.

Memasuki era teknologi, Batu Ukir Alam tetap menjadi komuditas yang sangat di genderungi baik dikalangan elit ataupun masyarakat bawah. Namun perbedaannya zaman dulu dengan sekarang ini adalah pemanfaatan teknologi sebagai alat bantu untuk menciptakan ukiran dari batu. Sehingga orang-orang zaman sekarang lebih berkreasi dalam memanfaatkan batu.

batu ukir alam patung

Di samping itu dengan kemajuan ilmu pengetahuan, orang-orang masa kini dapat memilih dan memilah batu-batu alam mana saja yang mempunyai nilai unggukan untuk dijadikan bahan kreasi seni cipta. Jenis batu alam yang biasa dijadikan sebagai bahan dasar ukiran ataupun bangunan dapat dikelompokkan sebagai berikut :

Batu Putih Cacing

Seperti namanya batu jenis ini memiliki corak seperti benang-benang cacing yang sangat indah sebagai pemanis dari batu ini. Batu yang berasal dari alam ini serinmg kali dimanfaatkan sebagai dinding pada sebuah perumahan ataupun rumah-rumah dengan gaya minimalis. Batu putih cacing ini terbentuk secara alami di alam bebas, menurut ahli batu, batu alam jenis ini terbentuk dari endapan pasir dengan tekstur padat dank eras sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai dinding rumah.

Batu Marmer

Hampir semua orang pasti akan mengetahui jenis  batu alam yang satu ini. batu marmer biasanya juga sering digunakan sebagai hiasan rumah tangga. Dengan teknik pemolesan yang tepat batu marmer dikatakan Batu Ukir Alam yang sangat indah karena struktur Kristal didalamnya yang sangat cemerlang.

Batu Paras

Batu paras terbentuk dari endapat pasir yang sudah mengeras. Batu paras ini sangat di genderungi oleh masyarakat karena mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi. Selain dapat di gunakan sebagai bahan dasar bangunan batu paras juga bisa digunakan sebagai Batu Ukiran. Masyarakat di jogja menjadikan batu paras sebagai mata pencaharian sehari-hari. Batu paras dijogja juga dikreasikan menjadi hiasan-hiasan rumah tangga seperti guci, lampion dan hiasan rumah tangga lainnya. Mereka menggunakan batu pasar sebagai bahan ukiran karena batu paras ini dapat dikatakan lebih mudah di pahat dari pada batu alam lainnya.

Batu Andesit

Batu Ukir Alam yang juga sangat diminati oleh para pengrajin batu adalah batu andesit. Kebanyakan para pengrajin ukiran batau menjadikan batu andesit ini sebagai bahan dinding rumah atau bangunan lainnya. Batu andesit ini terbentuk dari bekuan lava vulkanik sehingga menjadikan batu jenis ini menjadi tekstur keras dan warna keabu-abuan yang cemerlang.

Selain keempat jenis Batu Ukir Alam diatas masih banyak batu alam yang bisa dijadikan ukiran dan tentunya mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu batu alam tersebut sangat cocok untuk dijadikan bahan bangunakan karena bisa bertahan lama.

Hubungi segera Hasbuna Stone untuk mendapatkan jasa konsultasi gratis dan update harga produk terbaru untuk kebutuhan batu ukir alam di tempat anda.

+6281325535273

Keblak RT04/RW09. Ngeposari, Semanu,
Gunungkidul, D.I.Yogyakarta 55893
You cannot copy content of this page