batu ukir alam loster

Tips Memilih Batu Alam Ukir untuk Memperindah Rumah Anda

Tips Memilih Batu Alam Ukir untuk Memperindah Rumah Anda – Penggunaan batu alam pada ornamen-ornamen rumah saat ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat luas. Bagian rumah yang biasanya diaplikasikan batu alam ini adalah lantai, dinding dan ornamen pilar. Batu alam ini menjadi unsur pelengkap dari dekorasi interior dan eksterior rumah.

Dalam penggunaan batu alam ukir untuk interior dan eksterior rumah tentu Anda harus melakukan pemilihan yang tepat. Bagi Anda yang baru menggunakan batu alam, Anda bisa melakukan tips berikut ini.

batu ukir alam loster

Pilih Berdasarkan Sifat Batu

Perlu diketahui, batu alam memiliki 2 sifat yaitu solid dan non solid. Batu solid biasanya digunakan pada elemen eksterior dan interior. Jenis batu solid ini memiliki sifat yang kuat, tidak mudah patah, keras dan padat. Karena Hal inilah jenis batu solid ini bisa digunakan pada eksterior rumah.

Batu solid tidak dapat menyerap air karena bersifat porositas atau tidak memiliki pori-pori. Sifat porositas tersebut menjadikan batu solid sebagai batu yang tidak mudah berlumut. Tentu saja, tidak adanya pori-pori akan membuat batu tidak memiliki ruang untuk masuknya udara dan air.

Jenis batu yang sering digunakan untuk elemen eksterior dan interior ini dikenal dengan sebutan batu alam ukir. Beberapa contoh dari jenis batu solid ini adalah pacitoroso dan andesit. Dua jenis batu solid tersebut merupakan jenis batu alam yang paling banyak digunakan pada interior dan eksterior rumah.

Lain halnya dengan jenis batu solid yang bisa digunakan untuk elemen eksterior, batu non solid  lebih sering digunakan untuk interior rumah. Ini karena batu nonsolid cenderung memiliki karakteristik yang mudah dibentuk, lembut dan bersifat porositas.

batu ukir alam loster

Jenis batu non solid ini memiliki ruang untuk udara masuk. Batu nonsolid juga sangat mudah menyerap air. Karena hal inilah jenis batu nonsolid sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan pada elemen eksterior.

Dari kedua jenis batu tersebut Anda bisa menentukan batu alam ukir mana yang harus Anda gunakan pada interior atau eksterior rumah Anda. Tentu saja, Anda harus menyesuaikan pemilihan batu tersebut dengan karakteristik atau sifat dari masing-masing jenis batu tersebut.

Pilih Jenis Batu Sesuai dengan Konsep Rumah

Setelah memilih berdasarkan sifat Anda juga harus memilih jenis batu sesuai dengan konsep dari rumah Anda. Tentu saja, ini dilakukan agar Anda tidak merusak konsep rumah yang sebelumnya sudah direncanakan.

Jika Anda memiliki rumah dengan konsep minimalis modern maka akan lebih baik jika Anda memilih batu alam yang memiliki tekstur polos dan warna yang tidak mencolok. Ini dilakukan agar konsep yang diusung batu alam menyatu dengan gaya bangunan. Anda bisa menggunakan jenis batu salagendang, Purwakarta dan andesit.

Jika Anda memiliki rumah bergaya Eropa klasik, Anda bisa menggunakan batu alam ukir yang bersifat kokoh elegan dan semiformal. jenis batu tersebut bisa Anda dapatkan dari batu pacitoroso, Palimanan, Bali Green, dan paras Jogja.

Sesuaikan dengan Rencana Pengeluaran

Tips ini penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari melonjaknya pengeluaran yang tidak sesuai dengan rencana. Jika perlu Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga dari setiap jenis batu yang akan Anda gunakan. Jika Anda mendapati jenis batu pilihan Anda dijual dengan harga yang mahal, pastikan batu tersebut merupakan batu yang asli.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih batu alam ukir. Ketiga tips tersebut tentu penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Hubungi segera Hasbuna Stone untuk mendapatkan jasa konsultasi gratis dan update harga produk terbaru untuk kebutuhan batu ukir alam di tempat anda.

+6281325535273

Keblak RT04/RW09. Ngeposari, Semanu,
Gunungkidul, D.I.Yogyakarta 55893
You cannot copy content of this page